KAMU HARUS TAHU KEBUDAYAAN INDONESIA YANG SUDAH MENDUNIA

Indonesia sangat dikenal seluruh dunia sebagai negara yang begitu kaya dan beragam dalam hal suku serta kebudayaannya. Yang mana hal itu adalah peninggalan turun temurun dari leluhur yang mana begitu indah hasil cipta karyanya. Keberagaman di Indonesia justru menjadi alat pemersatu bahwa kita satu bangsa satu rasa. Nah, kira-kira apa saja kebudayaan Indonesia yang sudah mendunia dan seringkali pertunjukan-pertunjukannya digelar di luar negeri.

  1. Wayang

Hasil karya yang dikenal sejak zaman prasejarah, sekitar 1500 SM ini menjadi salah satu identitas kuat dari Indonesia. Hal itu diresmikan oleh UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 7 November 2003. Ada beragam jenis versi serta bentuk wayang, dari mulai wayang kulit yang memiliki bahan basic kulit sapi yang sudah dijemur, dipotong, serta di beri warna, lalu wayang golek yang memiliki bahan basic kayu. Ada juga wayang orang yang dimainkan dengan cara segera oleh orang yang kenakan kostum sesuai sama karakter yang dibawakan. Narasi yang dibawakan bercerita mengenai dewa dewi, persilatan, percintaan, serta kepahlawanan.

Pertunjukan wayang senantiasa diiringi dengan musik gamelan. Sang dalang mesti lihai dalam memainkan wayang, lantaran kekuatan dalang bakal menaikkan daya tarik dalam pertunjukan wayang. Dari mulai serunya situasi saat peperangan berlangsung sampai gelak tawa yang muncul saat adegan lucu, semuanya mesti dikuasai dengan baik oleh dalang.

  1. Angklung

Sebuah alat musik yang bernada ganda terbuat dari susunan bambu pilihan sehingga mampu mengeluarkan nada-nada yang penuh harmoni. Alat musik ini dikenal dari Jawa Barat. Cara memainkannya pun cukup unik, angklung cukup digetarkan hingga terjadi persinggungan antar bambu yang tersusun akan memiliki bunyi yang unik. Awal terbentuknya alat musik ini adalah untuk memikat Dewi Sri agar turun ke bumi memberikan kesuburan agar tanaman petani kala itu menjadi lebih subur dengan hasil panen melimpah. Selain itu juga angklung digunakan warga sebagai sarana pemantik semangat rakyat dalam peperangan melawan penjajah guna mempertahankan tanah air kala itu. Dan UNESCO pun sudah mencatatnya sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia.

  1. Keris

Yang satu ini adalah nama senjata tradisional asli dari Indonesia. Selain sebagai senjata untuk melindungi diri, Keris dipercaya memilikia kemampuan supranatural. Raja-raja di Nusantara zaman dulu selalu menajdikan keris sebagai senjata pusaka. Indonesia mengenal keris sejak era kerajaan-kerajaan terdahulu yang dibuat oleh para pengrajin yang bisa disebut dengan “mpu”. Bilah pisau pada keris di buat dari kombinasi sebagian logam, sesaat gagangnya di buat dari tulang, tanduk, atau kayu.

Pada jaman dulu, logam pembuat keris di ambil dari meteor yang jatuh ke bumi. Beberapa peneliti pernah mengatakan kalau keris kuno memiliki kandungan unsur titanium, yaitu satu bahan yang baru dipakai pada era abad 20 sebagai pelapis kendaraan luar angkasa. Walau demikian, beberapa mpu sejak dulu sudah terlebih dulu memakai bahan itu sebagai bahan pembuat keris.