Tips Hidup Sehat Ala Anak Kost

Jadi anak kost biasanya cenderung dengan pola hidup yang kurang sehat, mulai ari pola makan, pola tidur dan segala macam aktifitas lainnya yang tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu, sering sekali anak kost mengalami penyakit seperti mag, asam lambung, tipus, diare dan berbagai macam jenis penyakit lainnya. Namun, sbenarnya kamu bisa menanggulangi semua itu lho, agar kamu gak jadi anak kost yang penyakitan dan kurus sampe kuliahmu jadi gak keurus, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatanmu:

Sarapan

Biasanya hal ini paling jarang dilakukan oleh anak kost, selain malas mesti nyiapin atau keluar buat nyari sarapan, aktifitas pagi hari seperti kuliah pagi atau masuk kerja pagi membuat kita enggan untuk sarapan. Sebenarnya kamu gak perlu ribet juga nyiapinnya, kamu bisa nyediain roti dan buah pisang yang bisa kamu lahap sambil bersiap-siap lho, harganya juga terjangkau lah… bermodal 5k setiap paginya kamu udah bisa kenyang sarapannya, ketimbang nanti uangnya buat berobat, hayo…

Makan Buah

Dengarnya aja udah malas ya, bakal nambah pengeluaran, bisa-bisa malah jadi makan sehari sekali. Ups, jangan salah buah juga banyak yang murah tetapi tetap sehat lho. Apalagi kalau kamu cuma sendiri, dengan pengeluaran 20 k per minggu kamu udah bisa makan buah tiap hari kok, cukup satu hari satu buah aja, dan buat kamu-kamu yang tinggal di Jogja, ada rujak buah yang harganya sangat terjangkau dan rasa yang enak, kamu udah bisa ngerasain berbagai macam jenis buah sekaligus dengan harga 8 k.

Makan Sayur

Emang sih kamu malas banget kalo mesti makan sayur apalagi mesti masak sayur segala, tapi demi kesehatan wajib lho. Kamu juga gak mesti masak sendiri, di rumah-rumah makan dan warung-warung pinggir jalan biasanya nyediain sayur dengan harga yang sangat terjangkau, so kamu gak ada alasan lagi buat gak makan sayur.

Tidur Secukupnya

Buat anak kost yang jadi persoalan bukan begadang tetapi kurang tidur dan terlalu banyak tidur. Nah, demi kesehatan kamu juga mesti merhatiin pola tidur kamu ya, bisa jadi kamu jadi kegandrungan begadang karena kamu udah kebanyakan tidur sejak siang. Apalagi kalau gak ada kuliah, mau ngapain lagi, mending tidur aja, terus malam ngumpul. Eits, itu jadi sumber penyakit lho, kamu jadi bakal sering begadang dan pola tidurmu gak teratur.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatiin ketika kamu jadi anak kost. Meskipun niatnya pengen hemat, tapi ingat kesehatan itu mahal harganya, jangan sampai nantinya biaya kamu berobat justru lebih mahal ketimbang biaya yang kamu habiskan selama kamu ngekost.