Ridwan Kamil Ingin Duet Priangan dan Pantura Di Pilkada Jabar

Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berkeinginan menghadirkan pasangan yang mewakili Priangan dan Pantura pada pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. Agustus mendatang Ridwan Kamil memastikan akan ada sejumlah kejutan.

“Mudah-mudahan logika ini (Priangan-Pantura) bisa dipahami oleh pemimpin partai di Jakarta,” kata Ridwan setelah temu wicara dengan nelayan di Desa Cemara Wetan, Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu, Ahad, 23 Juli 2017. Emil, panggilan Ridwan Kamil, berkeinginan untuk mencari wakil di luar lingkaran dia, termasuk dengan mencari tokoh dari Pantura.

Menurut Ridwan, saat ini bukan zamannya lagi pemimpin menjadi raja dan hanya ingin dilayani oleh masyarakat. Salah satu tokoh muda dan berasal dari Pantura yang disebut Ridwan, yaitu Daniel Muttaqien, putra mantan Bupati Indramayu Irianto M.S. Syafiuddin dan Anna Sophanah. Anna Sophanah hingga kini masih menjabat sebagai Bupati Indramayu menggantikan suaminya. “Nama Daniel dan saya sudah beredar di sana,” kata Ridwan. Namun semua keputusannya, menurut Ridwan, tergantung pimpinan partai di Jakarta.

Ridwan mengatakan, saat ini baru Partai NasDem yang menyatakan mendukung dia sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat. Dia mengatakan hingga kini komunikasi dengan intens masih terus dilakukan dengan sejumlah partai. Di antaranya PPP, PKB, Golkar, dan Demokrat.

Sejumlah keluhan diungkapkan warga Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu, kepada Ridwan. Sekitar 90 persen warga Cantigi berprofesi sebagai nelayan, baik nelayan tangkap maupun nelayan tambak. Dari infrastruktur jalan di pinggiran pantai yang lebih banyak yang rusak, produk rumput laut secara tumpang sari di tambak yang lebih banyak tidak laku, hasil tambak baik udang maupun bandeng yang terus turun, hingga keamanan ikan yang mereka tanam di dalam sero.

“Kami berharap Gubernur Jawa Barat mendatang bisa membangun hingga ke pinggiran,“ kata Camat Cantigi Hamam kepada Ridwan Kamili yang ikut hadir dalam temu wicara tersebut. Sehingga wilayah pinggiran seperti daerah mereka tidak akan menjadi daerah tertinggal seperti sekarang.