ALBUM TERBARU “NKKBS BAGIAN PERTAMA” MELANCHOLIC BITCH

Telah lama tak bersua dikancah musik Indonesia bahkan dilingkaran skena musik di Yogyakarta, akhirnya “Melancholic Bitch” kembali merilis karya album penuh berjudul “NKKBS Bagian Pertama”. “NKKBS Bagian Pertama” merupakan album penuh ketiga setelah “Anamnesis (2005)” dan “Balada Joni dan Susi (2009)” yang disebut sebagai salah satu album terbaik Indonesia tahun 2009 oleh majalah Rolling Stones Indonesia.

Band rock alternative asal kota Yogyakarta yang beken “banget” di lingkaran skena musik Yogyakarta sejak berdiri di penghujung dekade 1990-an ini sempat lama bertapa demi mengumpulkan kesaktian mereka sebelum keluarnya album terbaru ini “NKKBS Bagian Pertama”. Dari kurun waktu 2009 sampai 2017 (8 tahun lamanya) jumlah gigs dan konser “Melancholic Bitch” bisa dihitung dengan jari.

Ugoran, sang vokalis adalah seorang penulis yang juga aktif di Teater Garasi. Dia juga sempat pindah keluar negeri untuk melanjutkan karir studinya. Personil yang lain juga aktif di band-band lain dan di beberapa kolektif seniman di Yogyakarta, tentu saja mereka semua adalah orang sibuk yang tidak tentu jadwal berkumpul bersama “Melancholic Bitch”. Namun waktu telah berkata untuk mereka kembali berkarya dan kembali merilis album “NKKBS Bagian Pertama” pada bulan September 2017 lalu. Sebuah album rock alternative yang sangat hangat dan dikemas dengan sangat deppresive dan penuh makna, tentu saja ada banyak makna atau cerita yang terkandung di setiap lagu di album ini.

Sedikit bercerita mengenai konsep, “NKKBS” (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) menjadi sebuah jargon propagandapada masa OrdeBaru yang menggambarkan konsep keluarga ideal bagi masyarakat Indonesia pada waktu itu. Di sepanjang tahun 1980an hingga 1990an program KB menjadi program andalan, yang utamanya bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi serta memasukkan ideology politik OrdeBaru hingga unit terkecil masyarakat yaitu keluarga. Sebagaimana “Balada Joni dan Susi”, pada “NKKBS Bagian Pertama” ini seluruh lagu merujuk pada satu narasi besar tentang keluarga, dan segala dinamikanya, termasuk kaitannya dengan peristiwa–peristiwa politik Indonesia di tahun 1960an hingga sekarang. Single berjudul “Bioskop, Pisau Lipat” menjadi karya single pertama yang dirilis pada bulan Agustus sebelum dirilisnya album. Lagu ini merupakan lagu andalan yang menggambarkan sebuah refleksi pengalaman masa kecil pribadi sang Vokalis “Ugoran Prasad” atas propaganda OrdeBaru. Khususnya pada soal menonton film Pemberontakan G30S/PKI dan bagaimana film itu membangun konstruksi tertentu tentang “perempuan liar” dan “pisaulipat”.

Konser rilisnya album ini diselenggarakan pada 9 September 2017 lalu di hall PKKH (Pusat Kebudayaan Koesnadi Harjosoemantri) UGM, Yogyakarta, tentu saja sudah ditunggu-tunggu oleh teman-teman musisi dan warga Yogyakarta yang pastinya sudah rindu dengan penampilan luar biasa dari “Melancholic Bitch”.